Grup Dangdut Koplo jadi pengiring kebaktian di sebuah gereja


Berdasarkan judulnya, saya hanya ingin membahas dari sudut pandang musiknya saja bukan pada sisi agama, karena kami bukan ahlinya. Intinya, secara umum musik Dangdut (termasuk genre koplo) sudah bisa diterima oleh semua kalangan, salah satunya adalah Gereja.

Tak disangkal lagi bahwa Dangdut Koplo memang menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya untuk orang-orang yang memang benar-benar fanatik saja, tapi hampir semua kalangan gandrung akan musik yang sedang booming sejak awal 2000-an ini. Tak hanya di lapangan terbuka atau di kafe, di tempat ibadahpun (baca:Gereja), Dangdut Koplo bisa digelar. Tak hanya untuk berhura-hura, senang-senang dan hanya sebagai sebuah hiburan semata, untuk acara religi seperti kebaktian pun bisa dilakukan. Salah satunya adalah upacara kegamaan (kebaktian) yang digelar oleh jemaat gereja KPPM GKJW Wonosalam, Mojokerto, Jawa Timur .

Seperti yang banyak orang tahu, bahwa musik kebaktian gereja identik dengan musik klasik (solo) yang biasanya hanya menggunakan iringan piano saja atau paduan suara, namun pada tgl. 26 Desember 2008 yang lalu, KPPM GKJW Jemaat Wonosalam menampilkan musik kebaktian yang berbeda dari umumnya. Acara kebaktian  yang bertema “Natal Bersama Keluarga” tersebut, semua puji-pujian diringi oleh grup OM. Talenta.



Meski tak diketahui secara pasti mengapa gereja tersebut menggunakan iringan grup koplo untuk acara keagamaan tersebut, yang jelas genre yang satu ini sekarang diterima oleh semua kalangan. Mereka hanya mengambil sisi positifnya saja bahwa semua musik itu indah dan baik, tergantung bagaimana memperlakukan. Digelarnya konser grup koplo di sebuah tempat ibadah tersebut juga menghapus anggapan bahwa genre ini identik dengan hal negatif saja. Dari video tersebut, genre ini juga punya sisi positif, dan bahkan masuk dalam kategori Dangdut Koplo religi.

Sumber: http://www.gkjw.web.id/dangdut-koplo-musik-rohani-alternatif
Author image
About the Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. Nulla quis sem at nibh elementum imperdiet. Duis sagittis ipsum.

Connect with him on :

Diberdayakan oleh Blogger.