Meski secara penelitan musik klasik adalah yang paling cocok dan paling bagus saat didengarkan ketika kita akan tidur karena terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak, namun Koleksi lagu Evie Tamala juga tidak kalah kualitas jika dijadikan sebagai lagu pengantar tidur di malam hari (bukan tidur siang). Oleh karenanya saya dengan senang hati berbagi link download mp3 Dangdut khusus untuk lagu-lagu Evie, agar sobat-sobat bisa membuktikan sendiri pendapat saya.

Namun demikian, tidak semua koleksi lagu Evie Tamala dalam setiap album cocok digunakan sebagai pengantar tidur di malam hari. Hanya pada album tertentu saja seperti Selamat Malam, Suara Hati, dan Kasmaran. Pada album Selamat Malam misalnya, saya menilai Sebuah Janji, Dia Adalah Dia, Kelam dan Selamat Ulang Tahun sangat pas untuk teman tidur. Sementara di Album Suara Hati, hampir semua cocok. Karena pada album tersebut, aransemen musik yang dibuat oleh Alik Ababil begitu lembut, melo, romantis dan penuh dengan sentuhan warna musik dari genre lain seperti blues, klasik, dan swing ditambah lagi dengan kelembutan dari karakter vokal Evie sendiri yang sangat cocok dengan aransemen musik  itu sendiri.

Berikut ini adalah daftar koleksi lengkap lagu Evie Tamala yang bisa sangat cocok didengarkan sebagai pengantar tidur:
  1. Malam Ini
  2. Suara Hati
  3. Dia Adalah Dia
  4. Selamat Ulang Tahun
  5. Renungku
  6. Permata Hati
  7. Seribu Purnama
  8. Kelam
  9. Salam Mesra
  10. Ikhlas
  11. Apa Lagi Yang Kau Cari
  12. Masih Adakah Waktu
  13. Ku Ingin
  14. Sebuah Janji
  15. Sebuah Harapan
Dari ke 15 lagu Evie Tamala tersebut, yang paling sering saya gunakan sebagai pengantar tidur adalah 1000 Purnama yang ada dalam album Suara Hati, dan Kelam yang ada di album Selamat Malam. Saya sendiri tidak tahu mengapa kedua lagu tersebut sangat cocok dan begitu menyentuh perasaan yang bisa membuat pikiran menjadi tenang. Yang jelas kedua lagu tersebut begitu sangat lembut baik dari sisi suara atau vokal penyanyinya ataupun dari sisi aransemennya. Syairnya juga begitu puitis, seolah 'memaksa' otak kita terhipnotis olehnya. Meski lagu ini berkategori Dangdut lantaran faktor penyanyi itu sendiri (Evie Tamala), namun jika dilihat dari aransemen musiknya tidak 100% Dangdut pure, ada nuansa klasik dan swing dengan notasi yang begitu beraneka ragam. Kalau bahasa saya menyebutnya, banyak "kunci miring" yang ada dalam lagu tersebut, di mana hal tersebut jarang dijumpai pada lagu Dangdut pure.

Itulah beberapa rangkuman lagu dari semua album koleksi Evie Tamala yang menurut saya tidak kalah kualitasnya dengan musik klasik sebagai pengantar istirhat tidur di malam hari. Meski ini adalah pendapat pribadi saya, tapi banyak juga teman-teman saya yang berprofesi sebagai pemusik yang berpendapat sama dengan saya terutama pada tembang-tembang yang aransemen musiknya digarap oleh Alik Ababil, seperti pada ketiga album tersebut. Selain pandai mengolah dan mencampurnya dengan warna musik lain, Alik Ababil juga menambahkan instrument lain seperti biola dan saxophone dalam aransemennya, terutama pada album Suara Hati dan Kasmaran.

Jika sobat tertarik untuk mendengarkannya, silahkan download lagunya dengan klik judul berdasarkan daftar yang sudah saya tulis di atas :


Dan jika ingin download semua lagunya (160), Silakan klik Koleksi Evi Tamala komplit.

Itulah yang bisa saya share kali ini, semoga bagi sobat yang susah tidur, dengan mendengarkan koleksi lengkap lagu Evie Tamala, bisa lebih mudah untuk beristirahat.
Author image
About the Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. Nulla quis sem at nibh elementum imperdiet. Duis sagittis ipsum.

Connect with him on :

Diberdayakan oleh Blogger.