Lagu Dangdut Inspiratif lebih bermakna positif dalam kehidupan

Sebuah lagu (apapun itu genrenya) tentunya tak lepas dari syair atau lirik yang didalamnya mengandung nilai-nilai yang berbeda-beda. Ada yang lagunya hanya bersifat hiburan saja dan ada juga lagu Dangdut inspiratif yang didalam syairnya mengandung pesan moral dan nilai-nilai seni, kemanusiaan, sosial, religi dan sebagainya. Untuk kali ini saya hanya akan membahas pada poin kedua, dan untuk lebih singkatnya akan saya bagi menjadi dua kategori.

1. Lagu Dangdut Inspiratif - Religi

Banyak sekali lagu-lagu Dangdut religi yang tentunya inspiratif bagi kehidupan kita. Contoh lagu Dangdut inspiratif yang bisa sobat dengarkan dan download yang mana memiliki kandungan syair yang bernilai religi dan bermanfaat bagi kehidupan kita adalah :
  1. Keramat -- menginspirasi manusia untuk menghormati dan menyanyi ibu kita
  2. Lidah -- menginspirasi kita untuk menjaga pembicaraan yang menyinggung orang lain
  3. Takwa -- menginspirasi manusia untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan
  4. Kematian -- menginspirasi manusia untuk selalu mempersiapkan diri menghadapi kematian
  5. Sedekah -- menginpirasi kita untuk selalu memberikan sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan
  6. Si Kecil -- menginspirasi orang tua untuk selalu sayang anaknya
  7. Sebujur Bangkai -- menginspirasi kita untuk tidak gila harta dan dunia
  8. Kiamat -- menginspirasi kita untuk semakin menambah iman
  9. Hari Berbangkit -- menginspirasi kita untuk beramal sesuai ajaran agama
  10. Haram -- menginspirasi untuk berbuat dan mencari rezeki yang halal
  11. Setetes Air Hina -- menginspirasi kita bahwa setiap manusia asalnya sama
  12. Ampunilah -- menginspirasi kita untuk selalu bertaubat dan mohon ampunan pada Tuhan
  13. Siksa Kubur -- menginspirasi kita untuk berbuat baik terhadap sesama dan kepada Tuhan
  14. Munafik dan sebagainya -- menginspirasi kita untuk menghindari sifat nifaq
  15. Asma'ul Husna - sebuah lagu Evi Tamla tanpa ada satu katapun yang berbahasa Indonesia ini memberi inspirasi umat Islam khususnya untuk mengingat kebesaran Allah SWT yang memiliki 99 nama-nama yang baik.

Lagu-lagu tersebut di atas semua ada dalilnya. Baik itu dari hadits ataupun al-Quran. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh di sini, karena tentu saja saya tidak terlalu berkompeten untuk hal tersebut. Saya di sini hanya sekedar berbagi pengetahuan saja terutama lagu yang berkaitan dengan tema agama (Islam). Dan  meskipun demikian lagu-lagu tersebut bersumber dari Islam, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangat bersifat universal. Sebagai contoh lagu Keramat. Meski Rhoma menciptakan lagu ini berdasarkan sumber ajaran Islam, namun teman saya yang beragama lain (maaf tidak saya sebutkan) bisa mengambil pelajaran dari syair yang terkandung di dalamnya. Kata teman saya, syair yang begitu luar biasa dan menjadi inspirasi untuk merubah segala perilakunya terhadap orang tua terutama ibunya adalah " Doa ibumu dikabulkan Tuhan, dan kutukannya jadi kenyataan"..."Bila kau sayang pada kekasih, lebih sayanglah pada ibumu, bila kau patuh pada rajamu, lebih patuhlah pada Ibumu"..."Bukannya gunung tempat kau meminta, bukan lautan tempat kau memuja, bukan pula dukun tempat kau berhiba, bukan kuburan tempat memohon doa, tiada keramat yang ampuh di dunia selain dari doa ibumu jua.."

Singkat cerita dari teman saya tersebut. Dia adalah seorang karyawan di sebuah PT. di Semarang. Dia tidak pernah berpamitan kepada ibunya dengan alasan takut terlambat ke kantornya, terlebih kalau pagi ibunya selalu pergi jualan yang sebenarnya tidak jauh dari rumahnya. Begitupun ketika pulang, ia langsung mandi dan pergi tidur. Malamnya bangun hanya untuk nonton sepakbola.

Dia begitu disayang oleh atasannya, sehingga apapun dilakukan untuk atasannya, termasuk datang tepat waktu. Namun, beberapa tahun dia bekerja di PT tersebut, dia seperti tidak pernah menghasilkan apa-apa dari uang yang ia dapatkan (gaji-red), meskipun ia sudah berusaha menabungnya. Bahkan ada saja musibah kecil yang selalu menimpanya, misalnya motornya rusak, handphone hilang, kecopetan dan sebagainya.

Suatu hari, ketika jam istirahat makan siang, ia keluar bersama seorang rekannya untuk mencari warung makan. Ketika ia makan, ia mendengarkan lagu Keramat yang diputar oleh si pemilik warung. Tiba-tiba setelah selesai lagu tersebut, ia langsung keluar dari warung itu kembali menuju kantornya sambil menangis. Di ruangannya ia masih menangis dan membuat heran teman sekantor lainnya. Ketika ditanya sama teman-teman dia hanya menjawab tidak ada apa-apa. Akan tetapi dalam hatinya ia mengakui bahwa apa yang selalu ia perbuat terhadap ibunya selama ini adalah salah. Meski ia tidak pernah melawan baik dalam arti fisik atau saat berbicara, tapi ia merasa tak menghormati ibu dan menghargainya. Semenjak itu, ia berubah. Setiap pagi ia selalu menghampiri ibu di warung tempat berjualannya terlebih dahulu untuk berpamitan, begitu juga ketika ia pulang. Ia pun merasakan manfaatnya. Salah satunya ia naik jabatan. Dan sejak saat itulah ia menjadi penggemar lagu-lagunya Rhoma Irama meskipun tetap dalam keyakinannya.

2. Lagu Dangdut Inspiratif Non Religi

Contoh lagu inspiratif non religi yang bisa sobat dengarkan atau download misalnya :
  1. Indonesia -- menginspirasi para pejabat untuk berhenti korupsi
  2. Tak Tega -- menginspirasi para suami untuk sayang sama istri
  3. Generasi Muda -- menginspirasi pemuda untuk giat bekerja sesuai kemampuan
  4. Kawula Muda -- menginspirasi pemuda untuk untuk tidak jadi pemalas
  5. Pemilu -- menginspirasi pemerintah untuk jujur dan adil dalam pemilu
  6. Resesi Dunia -- Menginspirasi setiap orang untuk tidak melulu memikirkan duniawi
  7. Prahara -- menginspirasi negara untuk menghentikan peperangan
  8. STOP -- menginspirasi masyarakat untuk hidup rukun dan tidak bermusuhan
  9. Buatmu Afghanistan -- menginspirasi negara untuk saling membantu negara lain
  10. Kemarau -- menginspirasi kita untuk mencintai lingkungan
  11. Air Mata dan Mata Air - menginspirasi kita untuk mencintai lingkungan
  12. Badai Fitnah --menginsipirasi kita untuk menghilangkan fitnah
  13. Lari Pagi -- menginspirasi kita untuk berolahraga
  14. Nilai Sehat, dan sebagainya - - menginspirasi kita untuk menjaga kesehatan


Dari beberapa judul yang saya sebutkan diatas coba sobat cari lalu dengarkan sebuah tembang yang berjudul Indonesia - (Rhoma Irama atau Album Soneta Vol. 12) yang diluncurkan sekitar tahun 1982/1983.  Lagu ini sebenarnya bertemakan kritikan atau protes kepada pemerintah Soeharto waktu itu. Ketika wacana korupsi masih 'sepi' dari pendengaran dan pengetahuan masyarakat luas waktu itu tidak seperti sekarang ini, Rhoma sudah 'mencium' adanya korupsi yang ada dalam birokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru. Oleh karena itu, Rhoma melalui lagu tersebut meminta agar supaya Korupsi segera dihapuskan agar tidak ada lagi batasan antara miskin dan kaya. Syairnya seperti ini " Hapuskan korupsi di segala birokrasi demi terciptanya kemakmuran yang merata" agar tidak ada " Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin". Sayangnya, karena demokrasi waktu itu masih "terpasung", lagu tersebut pun dicekal dan dilarang beredar. Rhoma tidak boleh lagi tampil di TVRI, yang waktu itu merupakan satu-satunya stasiun televisi milik pemerintah.

Semoga dengan mendengarkan lagu Dangdut inspiratif seperti tersebut di atas, bisa menjadi salah satu cara atau jalan menambah inspirasi atau pengetahuan baru dalam kehidupan kita terutama untuk hal-hal yang bersifat positif. Tentunya jika kita bisa benar-benar mendalami, menghayati dan mengamalkan pesan moral yang terkandung dalam contoh tembang di atas. Sehingga baik yang menciptakan, menyanyikan dan yang mendengarkan mendapat hal yang lebih bermakna dalam hidup kita, tidak sekedar untuk goyang saja.
Author image
About the Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. Nulla quis sem at nibh elementum imperdiet. Duis sagittis ipsum.

Connect with him on :

Diberdayakan oleh Blogger.