Daftar lagu disco dangdut era 90an populer, terkenal, terlaris dan hits

Sekitar era 90an, lagu-lagu Disco Dangdut Remix pernah populer, terkenal dan terlaris di Indonesia baik yang sering kita saksikan di media televisi, radio maupun melalui kaset tape recorder. Meskipun hanya bertahan sementara, namun ada beberapa tembang yang hingga kini masih populer di telinga, terutama bagi mereka yang pernah mengalaminya (mengikuti perkembangan musik Dangdut saat itu).

Pada dasarnya, tembang-tembang nostalgia/kenangan berirama disco yang pernah terkenal di era 90an berikut ini agak susah dikategorikan sebagai salah satu cabang dari aliran musik ini, karena alat musik atau instrumen yang menjadi bagian dari aransemen musiknya tidak mengandung ciri khas Dangdut itu sendiri seperti gendang dan seruling (suling). Coba sobat dengarkan lagu seperti Gantengnya Pacarku yang dipopulerkan oleh Nini Karlina yang merupakan salah satu lagu pelopor lahirnya genre ini, sama sekali tidak terdengar suara gendang dan seruling yang merupakan ciri khas musik Dangdut itu sendiri. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu saya pernah membahas genre ini sebagai bahan perbandingan atas pernyataan Rhoma Irama yang menganggap bahwa genre Koplo bukan bagian Dangdut.

Meskipun agak susah, tapi saya pribadi setuju mengkategorikan lagu Disco menjadi bagian dari Dangdut. Saya menilainya dari segi cengkok, notasi (nada) dan putaran lagu selama 2 putaran (reff) yang lebih cocok dengan Dangdut dibandingkan dengan aliran lain (Pop, Rock, Campursari, Langgam, Keroncong apalagi Underground..he.he..).

Sekedar mengingatkan kembali ingatan kita, berikut ini daftar lagu Dangdut terlaris dan populer berirama Disco era 90an:
  1. Gantengnya Pacarku - Nini Karlina
  2. Dinding Pemisah - Merry Andani
  3. Prahara Cinta - Merry Andani
  4. Mas Joko - Helvy Maryand
  5. Simalakama - Yopie Latul
  6. Cinta Lahir Batin - Lavenia
  7. Amboy Asyiknya - Vonny Sheila
  8. Yang Penting Heppy - Jamal Mirdad/Dapur 61
  9. Aku Bukan Hidangan - Hetty Sundjaya
  10. Mendut Yang (Ayo Joget Sampai Pagi) - Linda Carella
  11. Mas Kamu Koq Loyo - Merry Andani
  12. Mana Kupercaya - Hana Pertiwi
  13. Pacarku Amoy - Mila Rosa
  14. Cintaku Terbagi 2 - Yenni Eria
  15. Cintaku Nempel Terus - Novita Sari
  16. Sekedar Bertanya (Dina Mariana)
  17. Kalau Bulan Bisa Ngomong - Doel Sumbang dan Nini Karlina
  18. Sedap Betul - Dapur 61
  19. Cinta-Cinta Karet - Gadis Manis Grup
  20. Cintaku 1 Tok Til - Nini Karlina
  21. Itu Bibir Jangan Memble- TRIO BAM
  22. Rindu Aku Rindu Kamu - Doel Sumbang dan Nini Karlina
  23. Denpasar Moon (versi Indonesia) - Merry Andani
  24. Saudagar Cinta - Hetty Sundjaya
  25. Perawan dan Bujang - Anti Laricci
  26. Nyut Nyut Nyut - Doyok & Erni Armindi
  27. Sorga Atau Neraka - Hetty Sundjaya
Itulah beberapa daftar lagu Dangdut Disco yang pernah menjadi hits di era 90an. Namun sekedar info dan mengulang memori kita saat itu, meskipun waktu itu muncul banyak lagu dengan genre baru sebagai cabang, salah satunya Discodut, Popdut, Chacadut, dll, namun produktifitas lagu Dangdut original/asli tetap berjalan, tidak vakum atau bahkan mati suri seperti era sekarang. Artis-artis Dangdut lawas populer seperti Evie Tamala, Rhoma Irama, Rita Sugiarto, Abiem Ngesti, Mansyur S, Caca Handika, Hamdan ATT, Asep Irama, dan sebagainya tetap esksis dan berani bersaing dengan munculnya aliran baru saat itu. Oleh karena itu, tembang-tembang seperti Tidak Semua Laki-laki (Basofie Sudirman), Undangan Palsu (Caca Handika), Kembalikanlah Dia (Asep Irama), Rambut (Evie Tamala), yang merupakan  lagu Dangdut era 90an di jalur original klasik, tidak kalah boomingnya dengan lagu berirama Discodut arau Popdut tersebut. Dan bahkan genre ini, justru perlahan-lahan tenggelam dengan sendirinya. Semoga saja hal ini bisa mengingatkan para seniman Dangdut untuk tetap berkarya dengan produksi lagu baru, meskipun saat ini genre baru yang bernama Dangdut koplo menjadi favorit masyarakat, sebagaimana yang terjadi di era 90an tersebut. Karena saya sendiri yakin seyakin-yakinnya, kalau di antara mereka masih banyak yang merindukan lagu Dangdut versi klasik seperti di era sebelumnya.
Author image
About the Author :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. Nulla quis sem at nibh elementum imperdiet. Duis sagittis ipsum.

Connect with him on :

Diberdayakan oleh Blogger.